Sunday 14 August 2016

JCH PPU Masuk Asrama Haji Tepat Waktu


Balikpapan (Inmas PPU) - Seluruh jamaah calon haji Kab.Penajam Paser Utara telah berada di embarkasi haji Balikpapan bergabung dengan jamaah haji asal Kota Bontang dan Kab.Paser. Jamaah PPU yang berada pada kloter 4 ini tepat waktu tiba di embarkasi haji Balikpapan. Penyerahan Jamaah Calon Haji oleh Panitia Daerah kepada Panitia embarkasi haji Balikpapan ditandai dengan penyerahan berkas SPM sebanyak 360 orang Jamaah Calon Haji dari 3 daerah Kab/Kota di Kalimantan Timur.

Mewakili tiga daerah, Kepala Kemenag Kab.Paser Maslekhan menyerahkan dokumen haji kepada Kabid Penerimaan dan Pemberangkatan H.Normansyah. "Kami terima jamaah haji asal Paser, PPU dan Bontang serta KUkar," ucap H.Normansyah sembari mengangkat dokumen haji keatas, sebagai tanda jamaah calon haji ketiga daerah telah menjadi tanggung jawab panitia embarkasi. Ia juga jelaskan bahwa kloter 4 sejumlah 360 orang itu terdiri dari jamaah asal paser 149 orang, asal bontang 105 orang, asal PPU 99 orang dan mutasi 2 orang asal Kukar ditambah 5 orang petugas kloter.

Hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua II PPIH embarkasi haji Balikpapan H.Ahmad Ridani, Kakankemenag Paser H.Maslekhan, Kakankemenag Penajam Paser Utara H.Hakimin, Kakankemenag Bontang H.Abdul Hamid serta unsur pemerintah daerah (Kesra) kab/kota. H.Ahmad Ridani dalam arahannya dihadapan seluruh jamaah calon haji mengatakan sangat bersyukur kepada Allah setelah sekian lama menunggu antrian untuk bisa berangkat haji, dan hari ini sudah berada di embarkasi haji. Ia juga mendoakan kepada seluruh jamaah dapat menjalankan ibadah dengan aman, nyaman, lancar dan mabrur.Sebagai panitia ucapnya merasa bahagia menerima tamu-tamu Allah dari 3 daerah. Mudah-mudahan tidak mengalami halangan, sehingga semua rangkaian kegiatan selama di asrama haji dapat berjalan dengan baik sampai dengan tiba waktu keberangkatan.

Selanjutnya arahan dari bidang kesehatan PPIH embarkasi menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan. dikatakan seluruh jamaah haji telah masuk masa karantina hingga keberangkatan besok. Diharapkan jamaah calon haji tidak keluar masuk asrama, sebab di asrama telah disiapkan termasuk makan minum dan tidur. Sedapat mungkin jamaah mengurangi menerima tamu dari luar asrama.

Himbauan juga disampaikan kepada setiap jamaah untuk selalu menjaga kesehatan baik diasrama haji, dipesawat dan di tanah suci Makkah. Pihak kesehatan haji embarkasi mengatakan di Arab Saudi sedang menyebar penyakit Mers, penyakit ini dapat dicegah dengan pola hidup sehat. Dan yang terpenting juga, jamaah tidak disarankan untuk mendekati dan memegang hewan unta. "Kan jamaah suka poto-poto dengan unta, minum susu mentah unta, sementara ini jangan dulu berpoto dengan unta," jelasnya.

Bidang kesehatan embarkasi juga telah membekali 50 lembar masker untuk dipakai setiap hari selama 40 hari selama di Makkah. Dibekali juga cairan Oralit sebagai pengganti cairan tubuh agar tidak dehidrasi, obat gosok, dan plester untuk luka kecil, serta alat bantu (Spray) kepada masing-masing jamaah yang dikemas dalam satu paket kantong plastik.

Menurut jadwal kloter 4 akan berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 4104, hari ini Minggu 14 Agustus 2016 pukul 20.15 Wita. Selanjutnya pengarahan diberikan oleh bidang penerimaan dan pemberangkatan embarkasi Balikpapan tentang ketentuan-ketentuan yang harus dipatuhi, dilanjutkan dengan proses pemeriksaan kesehatan.

No comments:

Post a Comment